Pergi bekerja, kuliah, bergaul, atau olahraga tentunya butuh sepatu yang tepat. Jika Anda membeli sepatu yang salah, kaki Anda bisa lecet dan sakit. Agar tidak membuat pilihan yang salah, simak tips berikut dalam memilih sepatu yang tepat.

Bagaimana sepatu memengaruhi kesehatan kaki?

Sebelum mengetahui tentang tips memilih sepatu, ada baiknya kita ketahui dulu bagaimana sepatu memengaruhi kesehatan kaki kita.

Memilih sepatu yang tepat akan mencegah Anda dari cedera. Sepatu yang bentuk dan ukurannya tidak tepat bisa memberi tekanan pada persendian dan gesekan pada kulit kaki. Hasilnya bervariasi, tidak hanya lecet kulit.

Dikutip dari Pemerintah Negara Bagian Victoria, masalah yang mungkin terjadi pada kaki karena kesalahan dalam mengenakan sepatu, meliputi:

  • Kaki bisa terluka, mulai dari kulit kaki yang melepuh, nyeri pada jari kaki atau pergelangan kaki, hingga bentuk tulang jari kaki yang bisa berubah.
  • Memilih sepatu yang tidak tepat juga dapat memperburuk rasa sakit atau radang sendi di lutut dan pergelangan kaki.
  • Sepatu yang tidak pas bisa menyulitkan Anda untuk berjalan dengan benar dan menyebabkan ketidaknyamanan saat berdiri atau berjalan.

Kiat memilih sepatu yang tepat

kaus kaki dan sepatu khusus diabetes

Agar terbebas dari masalah kaki, ikuti beberapa tips memilih sepatu dengan benar di bawah ini.

1. Beli sepatu di siang hari

Tips memilih sepatu untuk yang satu ini mungkin terdengar aneh bagi Anda. Namun, tahukah Anda jika waktu untuk membeli sepatu benar-benar dapat memengaruhi sepatu yang akan dipilih.

Waktu terbaik untuk membeli sepatu adalah siang hari. Mengapa? Pada siang hari, ukuran kaki Anda berubah menjadi lebih besar.

Apalagi jika sebelumnya Anda sudah berkeliling toko, ukuran kaki pasti akan bertambah. Itu sebabnya, membeli sepatu di siang hari dapat mencegah Anda membeli sepatu yang terlalu kecil.

2. Lihatlah sepatu dengan hati-hati

Jika Anda menemukan sepatu yang menarik perhatian, jangan langsung memutuskan untuk membelinya. Ingatlah untuk memilih sepatu yang tepat, tidak hanya dinilai dari desain atau warna yang menarik.

Ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan saat memilih sepatu, yaitu:

  • Pilih jenis sepatu sesuai dengan aktivitasnya
  • Periksa kondisi sepatu, apakah ada kerusakan atau cacat
  • Pilih bahan sepatu yang Anda inginkan, apakah itu karet, kulit, nilon, atau kanvas
  • Periksa ketebalan sol sepatu dan pilih yang tidak mudah dipakai (terkikis)
  • Periksa berat sepatu dan pilih yang cocok untuk aktivitas Anda
  • Periksa kekokohan sepatu, terutama untuk sepatu sepatu hak tinggi yang rentan terhadap bagian yang rusak dari hak-hak mereka.

3. Temukan ukuran sepatu yang tepat

Anda mungkin ingat betul ukuran sepatu yang biasanya Anda kenakan. Namun, ukuran kaki bisa berubah menjadi lebih besar seiring bertambahnya waktu.

Apalagi beberapa produsen sepatu juga memiliki sedikit perbedaan ukuran. Itulah sebabnya, salah satu tips ketika memilih sepatu untuk dibeli adalah mengukur ulang kaki Anda.

Pastikan ukurannya benar-benar cocok dengan ukuran kaki Anda saat ini.

4. Coba sepatu

Setelah menemukan ukuran yang tepat, Anda harus mencoba sepatu ini. Minta petugas toko untuk mencari sepatu sesuai dengan ukuran yang Anda minta.

Sekarang, ketika mencoba sepatu, rasakan nyaman di kaki Anda. Pastikan ada sedikit ruang di antara jari kaki dan jari kaki. Kemudian, gerakkan jari-jari kaki Anda untuk memeriksa ruang untuk jari-jari kaki.

Coba juga berdiri dan berjalan sebentar untuk memastikan sepatu Anda nyaman dipakai.

Jika kaki Anda merasa tertekan dan jari-jari kaki tidak dapat bergerak dengan bebas, gantilah dengan ukuran yang lebih besar.

Untuk lebih yakin, cobalah berjalan di permukaan lantai ubin dan karpet.

Tips lain ketika mencoba memilih sepatu, jika perlu bawa kaus kaki saat Anda membeli sepatu. Gunakan kaus kaki ini untuk memastikan sepatu yang Anda pilih berukuran dan nyaman.

Posting 4 Tips Memilih Sepatu Agar Bebas dari Kaki Masalah muncul pertama kali di Hello Sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here