Bayi memang butuh bantuan Anda untuk makan. Namun, semakin besar usianya, ia harus mulai diajari makan sendiri. Anda bisa mulai dengan memberi cemilan. Ini daftar cemilan agar cocok untuk bayi Anda, bahkan mereka yang belum tumbuh gigi.

Makanan ringan yang aman untuk bayi

Saat Anda berusia 6 bulan, bayi diperkenalkan dengan makanan padat. Pada tahap ini, bayi masih membutuhkan bantuan Anda untuk mengarahkan makanan ke mulut Anda.

Namun, ketika ia memasuki 9 bulan, keterampilan motorik halus anak, seperti mengambil dan menggenggam, sudah mulai dikuasai.

Ini adalah waktu yang tepat untuk mengasah keterampilan motorik halus dan kemandirian anak-anak untuk makan sendirian.

Kamu bisa memberi cemilan untuk bayi. Artinya, makanan yang bisa dia makan langsung dengan memegangnya.

Tidak hanya untuk bayi yang sudah memiliki banyak gigi, daftar makanan jari berikut ini juga dapat diberikan kepada bayi yang giginya tidak banyak.

Bayi tidak perlu bantuan gigi untuk belajar makan makanan padat, karena jika teksturnya lunak, bayi bisa memakannya. Gusi anak cukup kuat untuk menggedor makanan agar menjadi lebih halus.

Berikut adalah rekomendasi untuk makanan lunak yang bayi bisa makan dengan tangan mereka sendiri.

1. Sayuran rebus

Obat diabetes brokoli alami

Sayuran bisa jadi cemilan untuk bayi yang sangat dianjurkan. Sebab, sayuran mengandung banyak nutrisi yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Anda bisa memilih sayuran seperti wortel, kentang, ubi, atau brokoli.

Potong ukuran sayuran menjadi yang lebih kecil sehingga bayi Anda dapat dengan mudah memegangnya. Kemudian, rebus sayuran sampai teksturnya lunak sehingga mudah dikunyah.

2. Buah dengan tekstur halus

Buah matang memiliki daging buah lunak. Ini adalah makanan yang sangat cocok untuk bayi makan dengan tangan mereka sendiri.

Anda bisa menyiapkan pisang, semangka, pepaya, mangga, atau alpukat.

Buah-buahan ini tidak hanya memperkenalkan berbagai makanan untuk anak-anak, tetapi juga memenuhi kebutuhan nutrisi mereka.

Sebelumnya, cuci buah dengan air bersih yang mengalir dan kupas kulitnya. Lalu, buang bijinya dan potong menjadi ukuran yang mudah dipegang oleh anak.

3. Telur orak-arik

asparagus dan telur

Telur bisa menjadi sumber protein yang baik sekaligus jari makanan direkomendasikan untuk bayi.

Anda bisa menggoreng telur dengan sedikit minyak lalu memotongnya menjadi potongan-potongan kecil. Atau, Anda juga bisa mengaduknya langsung saat telur sudah matang. Sajikan di atas piring tanpa menambahkan garam.

Meskipun ada banyak nutrisi, Anda harus memastikan bahwa anak itu bebas dari alergi telur. Jika anak Anda menunjukkan reaksi alergi, seperti ruam pada kulit setelah makan telur, segera temui dokter.

4. Pasta

Sumber: 1000 hari pertama

Tidak hanya untuk bayi yang lebih tua, pasta juga cocok untuk mereka yang tidak memiliki gigi.

Karena tekstur pasta yang kenyal dan lembut sehingga sangat cocok untuk dibuat cemilan untuk bayi. Namun, terutama untuk bayi yang tidak memiliki gigi, pasta fusilli atau makaroni dianjurkan.

Anda bisa menyajikan pasta rebus tanpa bumbu tambahan. Jika anak sudah memperkenalkan rasa lebih banyak, Anda bisa menambahkan sedikit minyak zaitun dan saus tomat rendah garam.

5. Tahu

resep tahu

Selain telur, tahu bisa menjadi sumber protein yang baik untuk bayi. Cemilan untuk bayi yang satu ini memiliki tekstur lembut yang mudah dimakan.

Namun, pastikan tidak memiliki tahu yang mudah rapuh karena akan pecah ketika dipegang oleh seorang anak. Ini bisa membuat anak sulit makan.

Posting 5 Makanan Jari Cocok untuk Bayi Yang Tidak Memiliki Gigi muncul pertama kali di Hello Sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here