Hormon tiroid adalah hormon yang memainkan peran penting dalam sistem kekebalan tubuh. Hormon ini diproduksi oleh kelenjar tiroid yang terletak di leher. Gangguan pada kelenjar tiroid dapat memiliki efek serius pada kesehatan tubuh. Itu sebabnya, penting untuk segera mengobati penyakit ini. Selain metode medis, dapatkah tiroid disembuhkan dengan obat-obatan herbal?

Apa kelainan tiroid yang umum?

Ada beberapa gangguan tiroid yang sering terjadi, seperti kelebihan (hipertiroidisme) atau kekurangan hormon tiroid (hipotiroid), kelainan kelenjar tiroid yang membuat leher memiliki benjolan besar, dan bahkan kanker.

Gejala kelebihan tiroid umumnya ditandai dengan penurunan berat badan tanpa sebab, seringkali terasa panas, gemetar, dan jantung berdetak lebih cepat.

Sementara itu, gejala defisiensi tiroid (hipotiroid) dapat ditandai dengan kenaikan berat badan yang drastis, sering sembelit atau sembelit, dan sering merasa sedih atau tertekan.

Gejala kelainan tiroid bisa menipu. Umumnya, orang yang memiliki masalah ini tidak menyadari karena gejalanya mirip dengan penyakit lain.

Jika Anda mengalami beberapa gejala gangguan tiroid yang telah disebutkan dan merasa tidak yakin, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

Jika memang Anda memiliki kelainan tiroid, Anda akan segera memerlukan obat dan perawatan dari dokter. Kondisi ini, yang dibiarkan berlarut-larut, dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Bahkan, pada wanita, kelainan tiroid ini juga dapat menyebabkan siklus menstruasi yang tidak teratur dan berdampak pada kesuburan.

Apa obat untuk gangguan tiroid?

Menurut Dr. dr. Fatimah Eliana SpPD-KEMD, seorang ahli endokrin, yang ditemui di Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, pada hari Rabu (17/07), tersedia berbagai jenis kelainan tiroid. Memberi biasanya didasarkan pada jenis masalah.

Fatimah Eliana menjelaskan bahwa obat hipertiroid dapat menggunakan anti-tiroid. Obat ini dapat dikonsumsi dalam jangka pendek, jangka panjang, atau bahkan seumur hidup jika diperlukan.

Orang yang memiliki masalah kanker tiroid disarankan untuk menjalani terapi yodium. Terapi yodium radioaktif adalah jenis perawatan radioterapi internal untuk kanker tiroid.

Namun, jika kankernya parah, pembedahan umumnya diperlukan.

Sementara itu, untuk menangani masalah kekurangan tiroid (hipotiroid), dokter biasanya akan memberikan obat yang mengandung hormon tiroid. Anda mungkin juga akan diberikan antibiotik dan obat penghilang rasa sakit.

Ditemui pada kesempatan yang sama, Dr. Rita Ramayulis, DCN, ahli gizi, menyatakan kekurangan tiroid juga bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan bergizi.

Selain minum obat, makan makanan yang mengandung selenium, seperti kacang-kacangan, susu, telur, dan ikan juga bisa membantu penderita hipotiroidisme.

Mengandung garam yodium dengan dosis maksimum 1 sendok teh per hari juga diperlukan untuk menjaga kesehatan dan membantu menyeimbangkan hormon pada orang yang memiliki kelainan tiroid.

Apakah ada obat herbal untuk gangguan tiroid?

Banyak orang mencari obat-obatan herbal atau perawatan alami untuk pengobatan gangguan tiroid. Fatimah juga menyampaikan pendapatnya tentang masalah ini. "Tidak ada perawatan lain, selain obat-obatan medis," katanya.

Hingga saat ini, belum ada saran atau penelitian medis yang menyatakan bahwa ada obat herbal yang efektif untuk mengobati gangguan kelenjar tiroid. Itu sebabnya, dokter tidak merekomendasikan penggunaannya.

Konsultasikan dengan dokter sebelum memutuskan untuk menggunakan obat apa pun, termasuk jika Anda berniat mencoba herbal untuk gangguan tiroid. Ikuti juga saran pengobatan dari dokter Anda untuk mendapatkan penyembuhan yang optimal.

Pos tersebut Mengingat obat untuk gangguan tiroid, dapatkah disembuhkan dengan herbal? muncul pertama kali di Hello Sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here